Beranda | Artikel
Bab Firman Allah Taala Surat Al-Qashash Ayat 56 - Kitab Tauhid (Syaikh Prof. Dr. Abdur Razzaq Al-Badr)
Selasa, 7 Juli 2015

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab At-Tauhid oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Hamzah Abbas, Lc.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab At-Tauhid Ini: Bab Firman Allah Ta’ala Surat Al-Qashash Ayat 56

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (QS Al-Qashash [28]: 56)

Diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dari Ibnul Musayyab radhiyallahu ‘anhu, dari ayahnya, bahwa bapaknya berkata: “Ketika Abu Thalib akan meninggal dunia, Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam datang kepadanya dan pada saat itu Abdullah bin Abi Umayyah dan Abu Jahl ada di sisinya, kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam berkata kepadanya:

يَا عَمِّ، قُلْ (لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ )كَلِمَةً أُحَاجُّ لَكَ بِهَا عِنْدَ اللهِ

(Mendengar hal itu) maka Abu Jahl dan Abdullah bin Abi Umayyah berkata: Wahai Abu Thalib, (apakah) engkau membenci agama Abdul Muththalib?. Mereka berdua senantiasa mengatakan hal tersebut kepadanya, hingga akhirnya (Abu Thalib) mengatakan kepada mereka: “Tetap pada agama Abdul Muththalib”. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam berkata: “Sungguh aku akan memintakan ampun untukmu, selama aku tidak dilarang untuk itu.” Maka turunlah ayat:

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينِ

“Tidaklah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik.” (QS At-Taubah [9]: 113).

Dan berkaitan dengan Abu Thalib, Allah menurunkan firmanNya:

إِنَّكَ لاَ تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ

Simak penjelasan selengkapnya pembahasan mengenai “Bab Firman Allah Ta’ala Surat Al-Qashash Ayat 56” di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Syaikh Abdurrazaq bin Abdil Muhsin Al-Abbad Al-Badr ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kajian Kitab At-Tauhid Ini: Bab Firman Allah Ta’ala Surat Al-Qashash Ayat 56

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Jazakumullahu khairan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14788-bab-firman-allah-taala-surat-al-qashash-ayat-56-kitab-tauhid-syaikh-prof-dr-abdur-razzaq-al-badr/